BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN DENGAN BIJAK. MAU???

Kalau akhir bulan, saya suka sedih deh. Kenapa? Soalnya uang jajan sudah mencapai taraf ‘pas-pas-an’, bahkan sampai kekurangan sampe harus ...

Kalau akhir bulan, saya suka sedih deh. Kenapa? Soalnya uang jajan sudah mencapai taraf ‘pas-pas-an’, bahkan sampai kekurangan sampe harus ambil uang tabungan.

Saya mendapat uang jajan bulanan, dan kalau uang masih ‘hangat-hangatnya’ baru diterima, rasanya semua mau dibeli. Boros banget. Kadang nggak mikir beli ini beli itu (biasanya beli makanan minuman buat ngemil). Padahal, uang jajan nggak banyak-banyak amat. Akibatnya, merana di akhir. Duh, gimana kalo entar udah kerja dan keuangannya amburadul ya? Hufff, ini pasti karena saya belum ngerti cara mengelola keuangan.

Tapi sekarang saya udah dapet pencerahan, bahkan dapet ilmu lebih dari apa yang saya harapkan! Hohohoooo.

Saya datang ke acara kece yang diadakan oleh Sun LifeFinancial Indonesia bertajuk : Yuk, Kelola Keuangan dengan Bijak Bersama Safir Senduk pada hari Sabtu, 1 Agustus 2015 di Cafe XXI Plaza Indonesia.

Saya duduk di belakang :(
Sun Life Financial merupakan salah satu organisasi keuangan terkemuka di dunia. Sun Life ini sudah ada 150 tahun! Didirikan pada tahun 1865, pusatnya di Toronto, Kanada. Sementara di Indonesia, Sun Life mulai aktif beroperasi pada tahun 1995. 

Visi Sun Life Financial Indonesia adalah menjadi salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa terbesar di Indonesia. Dan misinya adalah membantu keluarga Indonesia mencapai kesejahteraan dengan kemapanan finansial.

Sun Life sudah mendapat beragam penghargaan. Sun Life juga sudah mengadakan finansial literasi seperti yang saya ikuti ini kepada berbagai kalangan. Tujuannya literasi ini apa? Ya tentunya agar masyarakat bisa mengelola keuangan dengan bijak, dong!

Oh iya, Sun Life Financial Indonesia merupakan perusahan asuransi pertama yang memiliki agensi distribusi syariah dan mendapat sertifikasi izin dari MUI untuk mewaqafkan hasil investasinya, loh! Kereeeennnn.

Distribusi keagenan Sun Life pun sudah banyak, di antaranya 89 kantor pemasaran konvensional dan 40 kantor pemasaran syariah di 56 kota di seluruh Indonesia.

Buat yang mau tau lebih banyak tentang Sun Life, langsung aja kunjungi web-nya di sunlife.co.id, sunlife.com. Jangan lupa follow twitternya, @SunLife_ID. Kamu bisa dapetin informasi seputar keuangan, keluarga, kesehatan, dan karier untuk masa depan lebih cerah! Hehehe.
---------------------------------

Sun Life sangat memanjakan para blogger yang datang. Baru datang, saya sudah mendapat goodie bag. Perut saya yang belum diisi pun ikut senang karena di acara ini blogger bisa makan siang yang enak dan pastinya GRATIS! Duh, baik banget, sih, @SunLife_ID! Sini peluk dulu {}
Nyamnyamnyaaam. Asiiikkk
Setelah kenyang, acara dimulai oleh dua MC yang asik. Sebelum belajar mengelola keuangan, Bu Elin Waty­­  sang Direktur dan Chief Distributor Officer PT Sun Life Financial Indonesia  menyambut para blogger,memberi tahu alasan kenapa diadakan acara ini untuk blogger, dan tentunya memperkenalkan Sun Life yang sudah sedikit saya paparkan di atas. 
“Karena blogger suka nggak suka bisa mengubah Indonesia”
Mendengar alasan Sun Life mengadakan acara ini untuk blogger yang dikatakan Bu Elin, saya langsung senyam-senyum sendiri. Bangga bisa menjadi bagian dari blogger di Indonesia. 

Jadi, saya harus tanggung jawab.

Karena saya sudah mendapat ilmu dari acara ini, maka saya harus membaginya, menyebarluaskan ilmu ini, yaitu dengan cara menuliskannya di blog. Semoga bermanfaat :)

------------------------------------

Saatnya kita belajar!

Pembicara yang akan membagi ilmunya seputar mengelola keuangan adalah Safir Senduk.

Ada yang belum tau Safir Senduk?

Kalo ada yang belum tau, saya kasih tau deh.

Safir Senduk adalah seorang perencana keuangan yang telah memiliki sertifikasi CFP (Certified Financial Planner). Pada tahun 1998, beliau mendirikan Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan.Pak Safir telah menulis 10 judul buku, salah satu dianyatanya “Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?” merupakan best seller. Kalo mau tau lebih banyak, langsung aja follow twitternya @SafirSenduk , like fanpagenya facebook.com/safirsenduk. Kalian bisa dapet tip-tips keuangan dari beliau.

Saya seneng deh belajar bersama seorang Safir Senduk. Beliau suka mengulang apa yang sebelumnya disampaikan, jadi lebih nancep ilmunya di otak.  Diselipin humor juga! Nggak ngebosenin, deh. 

Pak Safir Senduk memulai pembahasan dengan melempar pertanyaan “Siapa yang paling kaya? Karyawan, profesional, atau pengusaha?

Untuk mendapat jawaban dari pertanyaan itu, kami membahas arti dari masing-masing profesi tersebut. Dan, sebenarnya kekayaan itu dapat diukur dari apa, sih?

Ada beberapa hal yang harus digarisbawahi :
Kekayaan seseorang nggak diliat dari berapa besar penghasilan yang diperoleh
Kekayaan seseorang nggak diliat dari setinggi apa jabatan seseorang
Kekayaan seseorang nggak diliat dari banyaknya barang konsumtif yang dimiliki
Kekayaan itu diukur dari investasi

Jadi, jawaban dari pertanyaan di atas adalah yang investasinya paling banyak, dia lah yang paling kaya, apapun profesinya.

Mari kita lanjut pembahasan berikutnya.

Kalian tau nggak, sih, kalo karakter pribadi mementukan bagaimana cara kita mengelola keuangan? Belum tau ya? Oke. Sekarang jadi tau, kan? Hihi.

Karakter sangat ditentukan apa yang ada dalam kepala kita, yaitu otak. Kita udah pada tau kalo dalam otak ada du bagian besar, yaitu otak kiri dan otak kanan.
Kiri (logika)Matematika, bahasa, membaca, menulis, urutan, sistem, kepastian, analisa
Kanan (insting) : kreatifitas, konseptual, gagasan, inovasi, gambar, warna, musik, irama, melodi

Kiri itu maunya jadi spesialis, 1 bidang. Kalo kanan nggak suka jadi spesialis, kanan suka banyak belajar (generalis). Kalo dalam hal keuangan, dominan kiri biasanya lebih perhitungan dibanding si kanan.

Terus bagusan mana? Kiri apa kanan? Yo sama wae :))

Kiri dan kanan itu sama-sama penting. Tapi kita harus tau kapan menggunakannya. Dan, kita juga harus hati-hati dengan karakter kita. 

Pak Safir Senduk memiliki tips, nih! Kalo kamu kuat di kiri (dominan otak kiri), santai dikit lah dalam hidup, jangan terlalu serius. Dan kalo kamu kuat di kanan, serius dikit dong, baca koran, gitu-gitu deh. Haha


Sekarang kita bahas cashflow, yuk! Buat yang belum tau apa cashflow, hmmm.... Cashflow itu  arus keluar masuk uang dari penghasilan yang kita dapatkan.

Pak Safir Senduk menjelaskan ada tiga jenis cashflow :
1. Cashflow orang miskin

Wuaduh. Apa pula ini cashflow orang miskin?
Cashflow orang miskin ini ciri cirinya gini : Misal penghasilan/pemasukan 5 juta, pengeluarannya 5 juta juga.






2. Cashflow orang menengah
 Rumusnya gini : Masuk = Keluar untuk barang + habiskan
Penjelasannya gini.... Misal pemasukan 5 juta, dibagi nih 1,5 juta untuk beli barang konsumtif hp, tas, dompet, dll. Lalu sisanya 3,5 juta dihabiskan seperti untuk biaya sekolah.




3. Cashflow orang kaya

Semoga kebanyakan cashflow kalian jenis ini huehehehe.
Cashflow orang kayak gimana, sih?
Pemasukan 5 juta. 1,5 juta untuk barang konsumtif. 1 juta untuk harta produktif seperti dana pendidikan, reksadana. Dan 2,5 juta sisanya dihabiskan.
Hayo, kalian jenis yang mana? :D



Nah, sekarang yang paling kudu diinget, dipahami, dan diaplikasikan dalam kehidupan, nih!

Ada apa, sih, Bil?

This is it!
KIAT MENGELOLA KEUANGAN

*dancing*

Ada tiga kita mengelola keuangan yang bakalan dikupas tuntas tas taaaassss, yaitu miliki investasi sebanyak mungkin, siapkan dana untuk masa depan, dan atur pengeluaran.

Mari bahas satu per satu

Miliki investasi sebanyak mungkin
Gimana kalo income kecil?
Semua uang besar dimulai dari uang kecil. :))

Apa aja contoh investasi?
Investasi = deposito, gold, fund, bond, currency, real estate

Gimana cara milih investasi yang tepat?
Pak Safir Senduk menganalogikan milih investasi itu kayak kursi pesawat, sesuai karakter sukanya di mana.

Nih, ada tiga investasi yang punya kelebihan dibanding yang lain :
1. Saham di pasar modal
Memiliki saham itu kayak punya perusahaan atau bisnis tanpa perlu repot membangun dan terlibat dalam manajemennya.

Ada dua income :
1) Hasil bagi keuntungan (deviden)
2) Keuntungan berapa saham terebut yang dijual dengan harga lebih tinggi (jual-beli / capital gain)

2. Investasi via manajer investasi
Apaan tuh?

=> Melakukan investasi yang dikelola oleh pihak ketiga yang ahli. Kelebihannya adalah ibarat  punya pakar yang bekerja untuk kita.

Contohnya ?
1. Reksadana dikeluarkan asset management
2. Unit link = dikeluarkan perusahaan asuransi

Tips memilih :
-Perhatikan reputasi. Misal insurance liat yang paling tua berdiri, dan reksadana liat orang yang berada di dalamnya.
-Kemana mereka berinvestasi
-Prestasi selama ini (misalnya penghargaan)

3. Real Estate / Property
Kelemahan investasi ini adalah tidak mudah dijual. Sementara keuntungannya adalah bisa dijual kembali dan dapat disewakan.
Tips untuk yang belum punya pengalaman jual-beli properti adalah jangan berharap harga naik di masa mendatang, fokus untuk disewakan saja.

Berikut ada tips menyewakan property supaya dapat hasil maksimal :
1. Frekuensi sewa pendek
2. Sewakan ke banyak tenant/penghuni.

Mungkin sudah ada yang ngeh. Yap, kos-kosan! Haha. Ayo jadi juragan kos-kosan :p

Itu dia tiga investasi yang punya kelebihan dibanding investasi lainnya.

Biar afdhol, saya bakalan share ilmu yang didapat juga mengenai ciri investasi bodong.

Ngg... Bodong? 

Maksudnya yang tipu-tipu gitu, loh. Penting nih, biar kita nggak kena!

Apa aja ciri investasi bodong?
a. Bunga sangat tinggi
b. Kasih janji cash bulanan
c. Dijamin nggak rugi
d. Bonus member baru
e. Skema mustahil

“Kita hidup di negara di mana kalau kita nggak punya mobil, dianggap belum mapan”

Siapkan dana untuk masa depan

Apa aja pos-pos pengeluaran di masa depan yang harus disiapkan?

Nih, saya kasih tau :
1. Dana untuk menikah
Siapa yang nggak mau menikah? :p haha. So, siap-siaplah buat biayanya, euy!

2. Rumah dan isinya
Nggakpapa kredit, uangnya digunakan untuk investasi lainnya. Nilainya kan bakal meningkat.

3. Sekolah anak
Kalo menikah pasti pengen punya keturunan dong. Anak. Nah, mesti siapin buat sekolah. Tak murah loh ini... haha. Apalagi jenjang universitas. True?

4. Pensiun
Di masa pensiun a.k.a masa tua nanti nggak mau kan ‘bersusah-susah’? Ah, pokoknya saatnya menikmati masa tua. Kalo bisa sih udah nyantai kaga kepikiran macem-macem yang bikin pusyiiingg.

“Hidup itu indah. Yang bikin ribet itu tagihan-tagihannya”

Atur pengeluaran

Nih, ada kiat-kiat atur pengeluaran :

Ketahui di mana boros kamu, lalu kurangi pelan-pelan.
Eh eh. Siapa yang lebih boros? Laki-laki atau perempuan?
SAMA!
Tapi tergantung, masing-masing ada karakternya.

Perbedaan boros laki-laki dan perempuan tuh kira-kira gini :
-Frekuensi Perempuan banyak belanja, tapi nawar. Laki-laki dikit belanja, tapi nggak nawar.
-Yang dibeli = Laki-laki biasanya untuk hobi, perempuan untuk penampilan

Kendalikan keinginan kamu

Pengeluaran manusia itu ada tiga jenis :
-Wajib : Ada konsekuensi finansial
-Butuh Nggak ada konsekuansi finansial tapi ada fungsi yang kurang
-Ingin

Wajib dan butuh ada batasnya, sementara ingin nggak ada batas. Bener nggak? Kalo nurutin keinginan, beuh, semuanya dipengenin. Hehe. Jadi kita harus bisa memilah, mana yang wajib, butuh, dan ingin!

“Siapa yang bisa mengendalikan keinginannya, dia bisa mengendalikan pengeluarannya."

Lakukan prioritas pada pengeluaran kamu
Ada empat kelompok prioritas yang harus kamu tau
1)      Bayar cicilan utang = 30% dari income / maksimal 40% kalo ada cicilan rumah
2)      Bayar tabungan dan investasi = minimal 10%
3)      Bayar premi asuransi = minimal 10%
4)      Biaya hidup 50%


Miliki asuransi
“Asuransi itu ibarat payung. Payung nggak menjamin hujan tidak akan turun, tapi payung tidak akan buat kita basah jika hujan.”

Hati-hati dengan sale

Nah nah nah. Biasanya suka pada tergiut nih kalo ada kata-kata sale, diskon. Padahal nggak semua sale beneran sale, lho! Hati-hati! Banyak banget pula nama-nama sale. New Year Sale, Lebaran Sale, dan lain-lainnya. Tiap moment kayaknya dimanfaatin banget buat adain sale. Haha
Pas SMP guru saya juga pernah bilang kalo sale atau diskon gitu tuh suka dinaikin dulu harganya ._. Jadi ya................gali lobang tutup lobang? (apasih, bil?! -_-)

Biasanya kalo dateng ke mall atau supermarket gitu, kamu liat macam sale yang kaya gimana aja?
50%?
40%+30%?
75% tiap pembelian kelipatan Rp 200.000?

Itu ya?
Nah, kalo yang kedua (40%+30%) itu berarti diskonnya berapa? Misal harga barang 1 juta, deh. Berapa hayo?
Kalo ada yang kira itu diskonnya 700 ribu karena 40%+30%= 70% dari 1 juta, kamu salah!
Itu tuh diskonnya jadi 58%.
Cara hitungnya gini :
Pertama hitung 40% dari 1 juta = 400 ribu. Jadi harga barangnya sekarang 600 ribu.
Kedua hitung 30% dari 600 ribu = 180 ribu. Jadi harga barangnya sekarang 420 ribu.
Berarti total potongan yang kita dapat = 580 ribu atawa 58% ;))

----------------------------------------

Gimana ilmunya? Bermanfaat banget kan buat kita? Semoga kita bisa mengelola uang kita dengan bijak, ya! Harus! Jangan sampe cuma teori doang.

Mengenai pengen kaya atau gimana, tentu dong saya mau kaya. Simak perkataan Ummu(ibu) Hamas Syahid (pemeran Azka di film Tausiyah Cinta yang akan tayang Oktober nanti) ini deh :
"Orang muslim harus kaya agar banyak memberi banyak manfaat buat yang lain. Karena faktor pendukung dakwah salah satunya adalah uang"
Setuju? :)

Sekilas info, nih. Saya salah satu yang dapet doorprize di acara ini. Hehe. Alhamdulillaah.
Saya yang berkerudung pink. (Sumber : twitter.com/SunLife_ID)




Acara ini seru banget. Banjir ilmu dan banjir hadiah!

Terima kasih untuk Sun Life Financial Indonesia yang telah mengadakan acara super ini! Semoga bisa terus menebar manfaat dan membantu nasabah mencapai kesejahteraan dengan kemampuan finansial. Terima kasih juga untuk Pak Safir Senduk, ilmunya bermanfaat banget! Dan, terima kasih juga untuk teman-teman Blogger Jabodetabek, Warung Blogger, serta semua blogger yang ada di acara ini! :D





Salam puss, meong, muah



You Might Also Like

24 komentar

  1. Sabil ikut acara yang keren banget, dulu waktu gaji masih lumayan masih bisa ngatur buat tabungan yang akhirnya habis buat lunasin kredit motor. Lalu kemaren sempet deposito juga, tapi gak banyak sih soalnya kalo disimpen di atm seringnya habis. manusiawi sekali. :(

    SABIL JUGA MULAI INVESTASI, BIAR DUITNYA BISA BUAT JALAN JALAN KE JAWA TENGAH!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikit-dikit lama-lama menjadi bukit, kak! Hahaha. Iyaaaa, emang gitu kalo di atm mah :(

      IYAAAA AKU NABUUUNGGGG!!!

      Delete
  2. Panjang banget, Bil. Penjelasannya begitu lengkap. Huwaahaha. :D

    Wah, gue baru tau itu yang soal diskon 40+30 atau 50+20 malah jadinya 58%. Btw, gue diajarin sama guru pas masih SMK, sebelum barang itu didiskon, barang itu dinaikin dulu. :p
    Gue termasuk orang yang lebih dominan kanan. Hmm, sebenernya seimbang, cuma kanannya 57% kalo nggak salah apa. Hahaha.

    Duh, ini kan acara yang gue nggak bisa ikut karena kuliah. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa. Kudu lengkap, Yog! Bahahahaha.

      Gue juga baru tau heuuuu. Iyaaa beneerr. Gue juga diajarin gitu pas SMP sama guru ekonomi.

      Gue belom tau dominan mana :(

      Iya, Yog :(

      Delete
  3. Training Penting nih,,, nyesel saya gak ikut...

    ReplyDelete
  4. Jadi ngerti saya mba tentang cara menghitung diskon. Hehee
    Bener deh mbak, sebenernya mau laki-laki ataupun perempuan sama-sama boros.
    Saya juga kalo mau beli barang harus bener-bener dipikir dulu. Beneran butuh atau sekedar ingin punya doang. Saya anaknya termasuk boros soalnya mbak. Hehee

    Setujuu mba. Hidup itu indah,yang bikin ribet itu tagihan2nya. Hehee :D

    ReplyDelete
  5. Intinya harus bisa membangi penghasilkan yah mba agar bisa jadi orang kaya

    ReplyDelete
  6. wahahaha mantaps bilss...

    Sayang gak ikut waktu itu. :(

    ReplyDelete
  7. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll .. Atau harus Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan. Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat suku bunga rendah dan terjangkau 2%. Manfaat. Silahkan hubungi kami melalui e-mail: Lucysmithloanfirm@gmail.com

    Peminjam DATA S

    1) Nama Lengkap: ............................................. ..........
    2) Alamat: .............................................. ............
    3) Negara: .............................................. ................
    4) Sex: .............................................. ..................
    5) Status perkawinan: ............................................. ....
    6) Pekerjaan: .............................................. .......
    7) Nomor Telepon: ............................................. ...
    8) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .....................................
    9) Duration: .............................................. ..
    10) Tujuan Pinjaman: ............................................

    Lucy Smiith
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  8. bener banget tuh training sangat penting dan harus sekali

    ReplyDelete
  9. Saya Mrs Lisa Adams, sah dan Reputasi uang Lender. Kita
    adalah LISA ADAMS PINJAMAN PERUSAHAAN. Kami meminjamkan dana untuk
    individu yang membutuhkan bantuan keuangan dengan kredit macet atau di
    butuh uang untuk membayar tagihan atau untuk berinvestasi dalam bisnis.

    Apakah Anda sedang mencari pinjaman? Anda tidak perlu khawatir karena Anda
    di tempat yang tepat Kami Tawarkan
    Pinjaman mulai dari 5.000 hingga 900.000.000 Juta Juta dengan bunga rendah
    tingkat 2%.

    Jika Anda membutuhkan pinjaman silahkan hubungi kami melalui email:
    lisadamsloanfirm@gmail.com

    Kami dapat memberitahu Anda bahwa kami adalah handal dan mampu untuk menawarkan pinjaman
    jumlah. Penuh / melengkapi formulir aplikasi di bawah ini, sehingga kami dapat memulai
    proses pinjaman.

    1: Nama (s): ....................
    2: Negara: ...................
    3: Negara: .................... Alamat Rumah: ................
    4: Umur: ...........................
    5: Pendapatan Bulanan: ...............................
    6: Tinggi: ..............................
    7: Pinjaman Durasi: ............................
    8: Jumlah yang dibutuhkan: .................
    9: Nomor telepon: ....................
    10: Pekerjaan: ...........................
    11: Akhirnya, A scan salinan baik dari
    Berikut ini adalah untuk dikirim dengan balasan Anda:

    * Paspor Internasional
    * Surat izin Mengemudi


    LISA ADAMS PINJAMAN PERUSAHAAN
    Mencari cara yang lebih baik untuk kebebasan finansial!

    ReplyDelete
  10. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  11. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka tahun baru ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    ReplyDelete
  12. Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
    Anda memiliki pinjaman mendesak?
    Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
    Membeli rumah atau mobil?
    Untuk membayar utang?
    "Investasi Kredit" penawaran
    Anda memiliki kesulitan keuangan?
    Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
    Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
    kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
    Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak.

    Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

    Terima kasih telah memilih kami.

    ReplyDelete
  13. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, silahkan saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 lender pinjaman yang berbeda, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang saya karena utang.

    Saya hampir menyerah sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang memperkenalkan saya ke pemberi pinjaman kredit asli dan perusahaan yang sangat handal yang Karen Mark Keuangan Perusahaan Pinjaman yang saya dapatkan pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah indonesia (Lima ratus juta indonesian rupiah) di kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres yang pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari Ibu Karen Mark.

    Saya ingin Anda percaya Ibu Karen Mark sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda menemukan kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  14. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, silahkan saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 lender pinjaman yang berbeda, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang saya karena utang.

    Saya hampir menyerah sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang memperkenalkan saya ke pemberi pinjaman kredit asli dan perusahaan yang sangat handal yang Karen Mark Keuangan Perusahaan Pinjaman yang saya dapatkan pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah indonesia (Lima ratus juta indonesian rupiah) di kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres yang pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari Ibu Karen Mark.

    Saya ingin Anda percaya Ibu Karen Mark sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda menemukan kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  15. Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, silahkan saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 lender pinjaman yang berbeda, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang saya karena utang.

    Saya hampir menyerah sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang memperkenalkan saya ke pemberi pinjaman kredit asli dan perusahaan yang sangat handal yang Karen Mark Keuangan Perusahaan Pinjaman yang saya dapatkan pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah indonesia (Lima ratus juta indonesian rupiah) di kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres yang pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dari Ibu Karen Mark.

    Saya ingin Anda percaya Ibu Karen Mark sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya, jika Anda menemukan kesulitan untuk mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  16. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    ReplyDelete

  17. We offer fresh cut bank instrument for lease, such as BG, SBLC,Lease and Purchase Instruments can be obtained at minimal expense to the borrower compared to other banking options. This offer is opened to both individuals and corporate bodies.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request

    Name:Ardan Clooney
    Email:brandfinance33@gmail.com

    ReplyDelete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.