Berbagi File Lebih Mudah Dengan Catfiz

Selamat hari blogger nasional! Yeeaay! Karena ini hari yang spesial untuk gue (dan buat temen-temen blogger lain tentunya), serta sebagai ...

Selamat hari blogger nasional! Yeeaay!

Karena ini hari yang spesial untuk gue (dan buat temen-temen blogger lain tentunya), serta sebagai anak jurusan IT, jadi gue mau kasih informasi tentang aplikasi messenger buatan anak bangsa yang keren banget! Gue bakal ajak kalian kenal dengan aplikasinya dan setelah itu ada pengalaman gue saat pake aplikasinya.

Nama aplikasi kece itu adalah.........
Jeng jeng jeeengggg dumdumdumcescesces *drum roll*

Catfiz Messenger
Logo Catfiz



Kenalan sama Catfiz,yuk!


Sejarah Catfiz

Gue termasuk norak karena baru tau Catfiz akhir bulan lalu -_-. Padahal, Catfiz udah mejeng di Play Store dari 10 November 2012.

Catfiz berawal dari diskusi para founder yang merupakan arek Suroboyo lulusan ITS untuk ikut andil di era android yang open source. Mereka melakukan riset, dan lahirlah ide untuk menciptakan aplikasi messenger yang beda.

Nama Catfiz sendiri muncul saat mereka kumpul di tempat yang sering disebut posko. Di sana ada kolam ikan lele, dan katanya lele juga merupakan ikan favorit Mochammad Arfan, sang founder. Dalam bahasa Inggris, istilah lele adalah catfish. Yodah, jadi deh namanya Catfiz! Hihihi.

Bukan cuma asal comot, pemilihan nama catfiz tentu ada filosofinya. Lele itu ikan yang adaptif, mudah berkembang biak, disukai banyak kalangan, dan bahkan ada perayaannya, lho! Namanya catfish day. Jadi, para founder dan tim berharap dapat mengembangkan Catfiz dengan mudah dan Catfiz bakal dicintai! Aamiin.

Nama dan konsep untuk menciptakan messenger Indonesia dengan cita rasa Indonesia udah ada, selanjutnya garap! Ngoding, bro! Beuh. Dan akhirnya, 28 Oktober 2011 mereka mulai testing ke temen-temennya (belum full version).

Gue ngeliat berita di techinasia, nggak lama setelah uji coba, aplikasi ini langsung dapet 60.000 download pengguna! WOW! Terus yang makin menyenangkannya lagi, setelah beredar di forum lokal, dalam seminggu Catfiz dapet 250.000 pengguna. Bukan cuma orang Indonesia yang pake, tapi dari Timur Tengah dan dunia bagian Selatan, kayak Meksiko, Venezuela, dan lainnya. Akhirnya Catfiz tersedia dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Arab. Mantep!

Oh iya, pemilihan tanggal rilis di Play Store dalam versi full version (10 November 2012)  juga ada maksudnya. Tanggal 10 November adalah hari pahlawan, dan jadi hari yang bersejarah di Surabaya, tempat lahir Catfiz dan para pengembangnya tinggal. Beuh, nasionalisme banget, nih. :D

Terus, berdasarkan artikel bulan Maret 2016 yang gue baca di web selular, aplikasi buatan PT. Duniacatfish Kreatif Media ini udah diunduh sebanyak dua juta kali dan aktif digunakan di beberapa negara selain Indonesia, di antaranya Arab Saudi, Kuwait, India, Amerika Serikat, dan Brazil. Pesan yang dianter Catfiz juga udah menyentuh 750 juta pesan per hari!

Insya Allah terus berkembang. Aamiin.


Apa sih kerennya Catifz?
Catfiz adalah  messenger yang dibuat dengan cinta oleh masyarakat Indonesia. Asiklaah~ Catfiz ini hebat, tapi ringan. Nggak sampe abisin kuota 10 MB (cuma 5,57 MB aja, gaes!), Catfiz udah ter-install di hp kalian. Messenger ini juga unik, gabungan antara instant messaging. Bisa interaksi sosial media, streaming multimedia, dan ada layanan cloud storagenya. Cerdas!

Yang mantep dari Catfiz:
Aman, jaga privasi!
Gue baru kepikiran pas tau Catfiz, kalo aplikasi tetangga sebenernya nggak jaga privasi. Asal nyimpen nomor telepon kita di kontaknya, dan kita otomatis jadi temen dia di app itu tanpa izin. Nggak sopan ya haha.
Nah, kalo di Catfiz nggak begitu. Catfiz jaga privasi, nggak mengekspose nomor telepon. Setelah install dan registrasi, kita bakal dapet NIC (kayak PIN BBM gitu). Kita bisa juga atur username. Jadi dengan NIC, username dan scan barcode, baru deh kita bisa add teman atau teman yang add kita. Bisa memilah dan menjaga list teman kita hanya orang terdekat atau yang bener-bener kenal aja. Cuma untuk penggunaanya terserah, sih. Kalo mau sebar username atau NIC biar bisa banyak temen meskipun nggak deket atau nggak kenal juga boleh. Seasiknya kita aja! :D Tipe orang kan beda-beda hahaha.
Oiya... Di Catfiz bukan cuma buat kirim pesan doang, tapi kita bisa berinteraksi layaknya di sosial media. Kita bisa mengekspresikan diri lewat update status, komentar di status temen, mengutip komentar temen, dan pastinya... jangan lupa like-nya ya kakak~. Ihiw asik banget!

Bisa kirim file sampe 500 MB! 
INI NIH! Keren lah kereeeenn. Gede banget! Ini yang sangat gue butuhkan. Gue termasuk sering transaksi berbagi file, apalagi urusan kampus. Hmm coba kita bandingkan dengan si wa. Kalo nggak salah wa bisa kirim video maksimal ukurannya 16 MB. Jauh banget kan bedanya?
Catfiz jadi jawaban buat kalian yang suka kesusahan kirim file ukuran gede secara langsung ke temen dan pengen mereka buka secara langsung juga. Nggak perlu proses tambahan kayak cloud eksternal, nggak perlu mecah atau motong file jadi beberapa bagian kayak apps lain atau email.
Kirim file jadi makin mudah ya, cukup pake Messenger Catfiz  <3

Grup chat bisa menampung 2000 member!
Huwaaaa banyak banget! Asik nih buat komunitas gede. Mungkin grup kumpulan blogger seluruh Indonesia. Mantep-mantep.

Manfaatin kemampuan kirim file ukuran besar, makin asik komunikasi di grup. Misalnya pecinta film atau drama asia bisa saling kirim video film atau dramanya. Sangat membantu buat orang yang males nyari-nyari buat download film kayak gue karena suka bingung gimana downloadnya hahaha.


Oiya kalo ada apa-apa, tim Catfiz siap membantu kamu! Dari yang gue liat di sosial medianya, pada ramah ramah, kok. Terus asik juga menanggapi kritik dan saran di review play store.
Nyok kunjungi catfiz.com


Gimana gimana? Kece, kan?

Lanjut ya, mari bahas fitur-fiturnya!

Sama kayak messenger lainnya sebagai fitur utama, Catfiz bisa kirim chat personal maupun grup (dengan kapasitas member grup yang super gede). Bukan cuma teks, tapi bisa kirim pesan suara dan pesan video. Kita juga bisa tau status pengirimannya: queue, sent, delivered, dan read. Jadi ketauan deh pas kita chat ke si dia :p Bisa broadcast message dan promote friends juga, loh!
Chat Catfiz makin asik dengan emoticon, emoji, stickers. Fyi, di versi terbarunya yaitu versi 2.2, Catfiz  kenalin 2 karakter official, namanya Tirta dan Agni. Lucu-lucu, deh :3 Fitur stiker masih dalam tahap pengembangan. Mari kita do'akan toko stiker bakal rilis secepatnya! Selain itu ada BLITZ (semacam ping/buzz) juga yang siap menggetarkan hp mu saat seseruan sama temen di Chat Catfiz.
Terus, seperti yang udah gue bilang di atas, kita bisa liat update-an temen-temen kita, kasih komentar dan like. Dan gue suka banget karena ada Quote Comment. Bales komentar temen jadi makin asik ^_^

Bukan cuma bisa kirim file ukuran besar, di Catfiz juga ada fitur yang namanya Fizzlink. Fizzlink ini cloud service, jadi kita bisa nerusin file yang ada di chat personal atau grup tanpa perlu upload lagi! Meski kita nggak pengen download file dari temen, kita bisa tetep nerusin file itu ke yang lain hanya sekali sentuh. Kalo kata Catfiz, Fizzlink ini kayak kita punya deretan file yang ada pada percakapan di dalam sebuah cloud storage. Jadi cuma link yang dibagiin. Mantep bangeeettttttt!!!

Nggak cukup sampe di situ, kita bisa memainkan file audio atau video tanpa download terlebih dahulu! Kita bisa mainin dari depan, tengah, atau langsung ke belakang. Jadi nggak ada tuh istilahnya kita abis-abisin kuota buat download, apalagi buat hal rese. Kan sering tuh kejadian di grup, misal grup wa. Kita penasaran sama video yang dishare temen. Udah download, eh ternyata video serem atau yang ngga penting banget. Abisin kuota! Kalo pake Catfiz, kita bisa lebih hemat, atau bisa cepet kepoin isi file meski ngga download haha.

Di versi 2.2 ini juga ada yang baru dari Catfiz, yaitu sinkronisasi kontak buat menambahkan rekomendasi teman. Fitur ini sebagai jawaban dari pengguna yang pengen lebih mudah mencari teman. Cuma kita tetep harus add dulu, nggak bakal otomatis ke-add. Kenapa? Ya buat menjaga privasi :D

Nyok pake Catfiz! Biar makin yakin intip aja catfiz.com


Udah tergiur buat pilih Messenger Catfiz dan menikmati serunya Chat Catfiz? ^_^


Pengalaman Kakak Kucing Menggunakan Catfiz

Setelah install, gue langsung buru-buru registrasi.
Btw dari namanya aja gue udah tertarik sama nih aplikasi, karena ada kata "cat" nya. Hahahaha .___.

Oke fokus. Registrasi Catfiz nggak pake ribet. Pertama disuruh masukin nomor telpon kita, terus bakalan dikirimin kode verifikasi, lalu isi profil, dan huwala! Akun Catfiz kita udah jadi \(^_^)/
Langkah registrasi~

Setelah itu, muncul tampilan Catfiz yang terdiri dari 4 tab. Ada tab Updates, Chats, Groups, dan Friends.
Kesan pertama : simple.

Langsung deh gue ubek-ubek, bukain satu-satu, dan yang pertama gue add adalah catfiz support.
Kerjaan Sabil pas pertama kali nyoba Catfiz~

Karena nggak mau cuma pake messenger catfiz sendiri, gue ajak beberapa temen gue buat pake Catfiz. Yang bakalan sering komunikasi sama gue adalah Latifah dan Ikaw. Dan tentunya fitur yang paling sering dipake adalah berbagi file, fizzlink~ Hohoho. Kalo sama Latifah gue bakalan sering minta dia kirimin materi kuliah. Kalo sama Ikaw, gue bisa saling berbagi film atau drama asia. Hahaha. Oh iya, gue juga install Catfiz di hp mama. Gue udah bilang ke mama kalo mau nanya gue udah sampe mana, dan kalo mau kirim foto dan video kucing-kucing di rumah, mama bisa pake Catfiz. Meski gue suka sampe malem di kampus, tapi gue bisa tetep seneng liatin kucing-kucing di rumah lagi pada ngapain. Asik banget! Huwooohuwooo :3
Fitur ini sangat memudahkan gue buat berbagi file. Bermanfaat banget lah. Nggak usah ribet pake email, nyolok-nyok flashdisk segala macem. Cukup pake Catfiz aja selama filenya nggak lebih dari 500 MB :D

Sedikit potret penggunaan Catfiz ala Sabila :3

Yak, kira-kira begitulah~ Itu beda-beda waktu screenshoot-nya. Ada yang begitu kejadian langsung gue capture, ada yang beberapa hari setelahnya, dan ada juga yang dicapture pas bikin tulisan ini.

Itu gue kirim video 84,8 MB (drama Thailand) ke Ikaw cepet banget, lho! Dan gue bisa kirimin video itu tanpa perlu upload ulang, memanfaatkan fitur Fizzlink. Terus Latifah juga kirim video lucu-lucuan yang bisa langsung gue tonton tanpa perlu download dan memenuhi memori hp gue. Mama juga kirim video kucing di rumah yang lagi main. Hoho. Kece abis nih Catfiz.

Sejauh ini gue sih puas dengan aplikasi Catfiz. Hmm ya mungkin masih ada kekurangan, tapi nggak parah sih. Latif pernah bilang kalo dia nggak dapet notif, padahal gue chat berkali-kali. Mungkin ada faktor tertentu, soalnya gue dapet notif mulu. Sama kadang status pengirimannya kurang sesuai, karena Latif udah bales, tapi statusnya ada yang belum read. Sedikit doang sih...
Gue yakin tim Catfiz bakalan terus berusaha mengembangkannya. Semangat ya, kakak-kakak! :3

Gue liat banyak yang bilang udah install Catfiz, tapi akhirnya di uninstall lagi karena temennya sedikit di aplikasi itu. Hmmm, berarti ini tugas kita yang udah install, dong. Ayok sebarkan virus #HappyCatfiz #ChatCatfiz #MessengerCatfiz biar temen-temen semua ikutan pake aplikasi asli buatan Indonesia! Dan buat kalian yang belom pake Catfiz, masa mau pake buatan negeri orang mulu, sih? Beri dukungan buat orang-orang kreatif kayak gini dong :D Kalo ngerasa belum bagus, ada kekurangan atau apalah, ya kasih masukan, kasih ide-ide kreatif lo biar Catfiz makin berkembang. Mari kenali, cintai, dan jaga produk dari Indonesia  :)

Semester ini gue ngerasain matkul mobile programming di kampus, dan bikin aplikasi tidaklah mudah, kawan.

Cepetan ke play store dan install Messenger catfiz! Kita seseruan bareng dan berbagi dengan Chat Catfiz \(^_^)/ Yuhuuuuuuuu~

Karena yang baca blog ini berarti teman Sabila, jadi nggakpapa disebar di blog haha. Tuh silakan kalo udah pake Catfiz, add aja @nasalsabila. :p

Udah ya, dadaaaahhh! :*
Add me: @nasalsabila!




Salam puss, meong, muah

Sabila si kakak kucing



You Might Also Like

27 komentar

  1. Selamat hari blogger juga ya mba salam kenal

    ReplyDelete
  2. Selamat hari blogger juga ya mba salam kenal

    ReplyDelete
  3. makasih gan tulisannya...

    ReplyDelete
  4. Wah hebat.

    Kalau dilihat dari fiturnya, ini mirip dengan aplikasi Telegram, yang bisa ngirim file gede dan bikin stiker sendiri. Tapi ini buatan orang Indonesia. Patut dicoba dan diapresiasi. Mantap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah belom pernah nyobain Telegram. Heuheuuu.
      Iyaaaa. Agia coba dong pake Catfiz :D

      Delete
  5. Wah, keren yak aplikasinya. Aku mah kudet masalah ginian. Wong WA aja gak punya. Huahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kereen. Nggapapa ngga punya wa, yg penting punya Catfiz, Beb. :p

      Delete
  6. Gue kok baru tau ya Catfiz ini. Keren banget ya punya lokal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku juga baru tau, kak. Iyaaapp lokal punya, nih.

      Delete
  7. salut buat yg bkin aplikasi ini! dtengah riuk pikuk aplikasi buatan negara lain, trnyata negara kita juga punya aplikasi ginian (y) salut!

    ReplyDelete
  8. Pas baca daya tampung anggota grupnya, banyak juga ya. Mirip Telegram. Cuma Telegram ada gamenya. Hehehe.

    Yah, sayang banget, sih. Hapeku udah berat banget sama aplikasi-aplikasi. Mungkin kalo temen-temen udah pada make semua barulah install. Tetep salut sama aplikasi buatan dalam negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa banyaak. Hoo telegram bisa tampung banyak juga, toh.

      Semoga anak anak blogger pada pake catfiz. Hihihi

      Delete
  9. Wihihi makasih infonya mba, sekarang jadi nggak bingung lagi deh kalo mau kirim-kirim file gede gimana, mana bisa bikin grup segala ya.
    nthaps lah!

    ReplyDelete
  10. Wah mantab nih... boleh lah dicoba nanti catfiznya...

    ReplyDelete
  11. bisa kirim file sampe 500mb???! buset gede banget, kerenn ya catfiz :D
    Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  12. Ternyata tidak cuma kakak kucing saja yang baru tahu, bahakan aku tahu dari baca postingan ini.. Thank ya kak :D

    Keren juga ya Catfiz, manfaatnya banyak :)
    Boleh lah nanti coba-coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huehehe. Sama-sama, kakak :))

      Iyadoong. Coba coba cobaaaaa!

      Delete
  13. Hoho catfiz~

    Bisa untuk kirim proposal TA ke dospem dong yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong bisaaa. Yang penting dosennya punya Catfiz juga. Makanya bilang dong sama dosennya buat pake Catfiz :D

      Delete
  14. Waaaah iya bener bangeet bil. Emang gak nyesel yah bil pake Catfiz.
    aplikasi messenger ini keren bgt dan dapat disimpulkan kalo Catfiz merangkap aplikasi messenger lain soalnya fungsi yang ada itu lengkap bgt bahkan lebih keren. salah satunya itu tadi bil kita bisa ngirim apa ajh dengan ukuran 500 mb. waaaahhhh nanti sy kirimin 4 film india sekaligus ya bil... hehehe
    eh eh eh dan beneran kalo kita mau liat video yg dikirim dari temen kita ga perlu download dulu kita tinggal tonton langsung ajh...
    pokoknya bener bener salut dan bangga banget dah sama karya anak bangsa ini...kayaknya aplikasi messenger lain bakal ke Uninstall nih. wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah yaah, ada orang-orang hebat di Indonesia yang bisa bikin aplikasi sekece ini.
      Boleh um boleh kirimin aja, apalagi yang kemarin tuh dil hai tum hara! Hohoho
      Sama si jadu, koi mil gaya.
      Iyaa uninstall aja yang lain! :p

      Delete

Nikmatun Aliyah Salsabila. Powered by Blogger.